Minggu, 20 Oktober 2013

KARTU PLASTIK

Kartu kredit merupakan kartu belanja yang berfungsi untuk membayar pembelanjaan atas barang dan jasa maupun pengambilan uang tunai, yang pelunasannya dapat dilakukan serta angsur oleh pemegangnya

Jenis dan Perbedaan Kartu Plastik
  

Debit
Credit
Charge
Cash
Rekaning Bank
Harus ada
Tidak harus
Tidak harus
Harus ada
Batas penggunaan
Sesuai saldo
ada
ada
Sesual saldo
Pembayaran
Langsung mendebet
Minimum, dicicil
Penuh pada tgl.tagih

Bunga belanja &
Tidak
> 2% bulan
Tidak & ada
Tidak
tarikan tunai




Iuran tahunan
Tidak ada
ada
ada
Tidak
Penalti
Tidak ada
ada
ada
Tidak
Fungsi
Transaksi tunai & tunai
Transaksi Kredit & Tatik tunai
Transaksi bayar kemudian
Tarik uang tunai
Contoh
BCA
Citibank
Duta Card
BCA Cash

BII
Amex
Hero Master
Niaga Cash

Citibank
MBF
Dinners C



4 PELAKU TERKAIT
  1. Merchant (Pedagang) adalah pihak yang menerima pembayaran dengan kartu plastik dan merchant ini ditentukan oleh pihak penerbit kartu plastik.
  2. Issuer (penerbit kartu kredit) adalah pihak yang membuat, mengeluarkan, dan mengelola produk kartu plastik sebagai alat pembayaran.
  3. Card holder (pemegang kartu) adalah pihak yang telah memenuhi seluruh prosedur dan persyaratan yang ditetapkan sehingga berhak memegang dan menggunakan kartu plastik yang dimaksud.
  4. Acquirer (bank pengelola) adalah pihak yang menggunakan kartu plastik terutama dalam hal penagihan dan pembayaran atara issuer dan merchant.

KEGUNAAN KARTU KREDIT
a. Credit Card dam Charge Card
  • Membayar sesuatu transaksi saat card holder digunakan.
  • Melakukan penarikan uang tunai atas beban rekening card holder bila card holder memerlukan uang tunai.
  • Berfungsi sebagai ID card bila card holder memerlukan dana tunai, tetapi di lokasi terdekat tidak dijumpai ATM sehingga card holder dapat menghubungi bank terdekat untuk menarik uang tunai dengan menggunakan card sebagai ID card dan casing card.
b. ATM Card dan Casing Card
  • Menarik sejumlah uang tunai dari suatu bank, pengecekan saldo, dan kartu discount yang memberikan efisiensi bagi bank dan nasabah.
  • Mengurangi tugas teller, fungsinya telah diambil oleh mesin dan bagi nasabah mengurangi kebosanan dalam sistem antrian panjang di Bank.
  • Memperluas pemasaran transaksi perbankan karena tidak lagi dibatasi dengan jam kerja sehingga sering kali disebut 24 hours banking service.

KEGUNAAN LAINNYA
a. Pemegang kartu (card holder) akan memperoleh :

  • Kemudahan dan kenyamanan dalam transaksi (tidak perlu takut uang tunai hilang)
  • Gengsi (memiliki kelas tertentu karena gengsinya dinilai meningkat)
  • Teman dalam perjalanan, mudah mendapatkan dana cash bila diperlukan karena tersedianya diterminal ATM
  • Kesempatan mendapatkan pinjaman bila dihadapkan pada kebutuhan dana jangka pendek dan pembayarannya dapat dicicil.
b. Bank sebagai penerima (acquirer) memperoleh :
  • Nama baik bank tersebut di pasar dari pihak rangka pelayanan unggul
  • Discount commision yang didapat dari pihak merchant.
c. Pedagang (merchant) memperoleh :
  • Kepraktisan dalam menerima pembayaran dan mempermudah pembukuan
  • Peluang untuk meningkatkan omzet penjualan kendati harus menunggu waktu relatif lama dalam mencairkan hasil penjualannya.
d. Bank sebagai menerbit (issuer) mendapatkan :
  • Menurunkan biaya pelayanan dan memperoleh pendapatan berupa uang pangkal, annual fee, dan interest atas cicilan tagihan.
  • Meningkatkan kualitas pelayanan karena sebagai tugas telah diambil alih dengan hadirnya teknologi.
  • Memperluas jaringan pemasaran sehingga menjangkau tuntutan dan kebutuhan nasabah, antara lain membayar rekening listrik, telepon dan PAM.

MEKANISME KARTU KREDIT



RESIKO KARTU KREDIT
  • Pemalsuan kartu kredit, yaitu pembuatan dan penggunaan kartu yang tidak sah yang bentuknya menyerupai dan hampir sama dengan bentuk aslinya.
  • Penyalah gunaan kartu kredit, yaitu penggunaan kartu milik orang lain yang tertinggal, terjatuh, disengaja dicuri, dan meniru tanda tangan pemilik kartu.
  • Kelalaian pemegang kartu untuk memenuhi kewajibannya dalam hal pelunasan tagihannya.

Analisis:
Hingga sampai tahun ini dinegara maju maupun negara berkembang peranan kartu kredit cukup besar karena kemudahan, keamanan, dan kenyamanannya. Kartu plastik yang paling marak perkembangannya adalah Kartu kredit, pesatnya pertumbuhan binis di Indonesia ini sejalan dengan naiknya konsumsi perkapita masyarakat. Maka dari itu Banyak lembaga bank yang mengeluarkan kartu kredit dengan berbagai jenis, dan menawarkan banyak kemudahan sebagi magnet untuk menarik/mempengaruhi nasabah. Pada dasarnya memang kartu kredit memudahkan card holder untuk bertransaksi apa saja, namun kartu kredit pun beresiko besar dan dapat "membunuh" card holder apabila penggunaannya melampaui batas kemampuan bayar dan terjadinya kredit macet. Walaupun banyak keunggulannya kartu kredit juga banyak bahayanya bagi card holder dan merchant. Sampai saat ini banyak kasus kejahatan menyangkut kartu kredit, pemalsuan, penipuan dll.

Sumber :
Irmayanto, juli dkk, 2006. Bank & Lembaga Keuangan. Universitas trisakti, jakarta.

1 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus