Jumat, 04 Mei 2012

Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara ( APBN )

APBN adalah suatu daftar atau penjelasan terperinci mengenai penerimaan dan pengeluaran negara dalam jangka waktu satu tahun yang ditetapkan dengan Undang-undang, serta dilaksanakan secara terbuka dan bertanggung jawab untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.


1. PERKEMBANGAN DANA PEMBANGUNAN INDONESIA 
Secara gari besar APBN terdiri dari pospos seperti dibawah ini :
  • Dari sisi penerimaan, terdiri dari pos penerimaan dalam negeri dan penerimaan pembangunan.
  • Sedangkan dari sisi pengeluaran terdiri dari pos pengeluaran rutin dan pengeluaran pembangunan 

APBN disusun agar pengalokasian dana pembangunan dapar berjalan dengan memperhatikan prinsip berimbang dan dinamis. Hal tersebut perlu diperhatikan mengingat tabungan pemerintah yang berasal dari selisih antara penerimaan dalam negeri dengan pengeluaran rutin, belum sepenuhnya menutupi kebutuhan biaya pembangunan Indonesia.
    
Meskipun dari PELITA ke PELITA jumlah tabungan pemerintah sebagai sumber pembiayan pembangunan terbesar, terus mengalami peningkatan (lihat tabel 5.1) namun kontribusinya terhadap keseluruhan dana pembangunan yang dibutuhkan masih jauh yang diharapkan. Dengan kata lain ketergantungan dana pembangunan terhadap sumber lain, dalam hal ini pinjaman luar negeri, masih cukup besar. Namun demikian mulai tahun terakhir PELITA I, prosentase tabungan pemerintah sudah mulai besar dibanding pinjaman luar negeri. 

Hal ini tidak terlepas dari peranan sektor migas yang saat itu sangat dominan, serta dengan dukungan beberapa kebijaksanaan pemerintah dalam masalah perpajakan dan uapaya peningkatan penerimaan negara lainnya. Untuk menghindari terjadimya defisit anggaran pembangunan, Indonesia masih mengupayakan sumber daya dari luar negeri, dan meskipun IGGI ( Inter Govermmental Group On Indonesia ) bukan lagi menjadi forum internasional yang secara formal membantu pembiayaan pembangunan di Indonesia, namun dengan lahirnya CGI (Consoltative Group On Indonesia) kebutuhan pinjaman luar negeri sebagai dana pembangunan masih dapat diharapkan.

2. PROSES PENYUSUNAN ANGGARAN 
Proses penyusunan mempunyai empat tujuan , yaitu:
  • Membantu pemerintah mencapai tujuan fiscal dan meningkatkan koordinasi antar bagian dalam lingkungan pemerintah.
  • Membantu menciptakan efisiensi dan keadilan dalam menyediakan barang dan jasa public melalui proses pemprioritasan.
  • Memungkinkan bagi pemerintah untuk memenuhi prioritas belanja.
  • Meningkatkan transdparansi dan pertanggungjawaban pemerintah DPR/DPRD dan masyarakat luas.

Factor dominan yang terdapat dalam proses penganggaran adalah:
  • Tujuan dan target yang hendak dicapai.
  • Ketersediaan sumber daya (factor-faktor produksi yang dimiliki pemerintah).
  • Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan dan target.
  • Factor-faktor lain yang mempengaruhi anggaran, seperti: munculnya peraturan pemerintah yang baru, fluktuasi pasar, perubahan social dan politik, bencana alam, dan sebagainya.
3. PERKIRAAN PENERIMAAN NEGARA 
Secara keseluruhan sumber penerimaan negara bersumber dari :
1. Penerimaan dalan negeri, yang terdiri dari :
  • pajak penghasilan (minyak dan gas, non minyak dan gas).
  • pajak pertambahan nilai.
  • pajak bumi dan bangunan.
  • Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangun (BPHTB).
  • Pajak Lainnya.
  • Pajak Perdagangan Internasional.
  • Bea Masuk.
  • Pajak/Pengutan Ekspor.
  • Penerimaan Bukan Pajak.
  • Penerimaan Sumber Daya Alam (minyak bumi, gas alam, pertambangan umum, kehutanan, perikanan).
  • Bagian Laba BUMN.
  • PNPB Lainny. 
2.Penerimaan luar negeri.
Penerimaan dari luar negeri dapat dihasilkan dari investasi atau modal proyek ataupun pinjaman keluar negeri. Bisa juga didapatkan dari ekspor barang ataupun dari visa para tourist yang datang ke Indonesia.

4.PERKIRAAN PENGELUARAN
Pengeluaran Negara merupakan pengeluaran untuk membiayai kebutuhan maupun kegiatan-kegiatan pada suatu Negara demi mewujudkan kesejahteraan rakyat. Pengeluaran Negara dikelompokkan menjadi dua, yaitu :
  1. Pengeluaran rutin. Merupakan pengeluaran yang selalu ada dan telah terencana sebelumnya. Pengeluaran rutin ini meliputi :
    • Pengeluaran untuk belanja pegawai.
    • Pengeluaran untuk belanja barang.
    • Pengeluaran untuk subsidi daerah otonom.
    • Pengeluaran untuk membayar bunga dan cicilan hutan.
    • Dan juga pengeluaran lain-lain.
  2. Pengeluaran pembangunan. Merupakan semua pengeluaran negara untuk membiayai proyek-proyek pembangunan. Yang termasuk pengeluaran pembangunan diantaranya ialah :
    • Pengeluaran pembangunan untuk berbagai departemen atau lembaga Negara.
    • Pengeluaran pembangunan untuk anggaran pembangunan daerah.
    • Dan juga pengeluaran pembangunan lain-lain
Inilah beberapa sektor perekonomian yang umumnya terpengaruh oleh besar atau kecilnya pengeluaran negara, antara lain : 
  • Sektor produksi
  • Sektor distribusi
  • Sektor konsumsi masyarakat
  • Sektor keseimbangan perekonomian

Jenis – jenis pengeluaran Negara menurut sifatnya meliputi :
  • PENGELUARAN INVESTASI. Pengeluaran yang ditujukan untuk menambah kekuatan dan ketahanan ekonomi di masa datang.
  • PENGELUARAN PENCIPTAAN LAPANGAN KERJA. Pengeluaran untuk menciptakan lapangan kerja, serta memicu peningkatan kegiatan perekonomian masyarakat.
  • PENGELUARAN KESEJAHTERAAN RAKYAT. Pengeluaran yang mempunyai pengaruh langsung terhadap kesejahteraan masyarakat.
  • PENGELUARAN PENGHEMATAN MASA DEPAN. Pengeluaran yang tidak memberikan manfaat langsung bagi negara, namun bila dikeluarkan saat ini akan mengurangi pengeluaran pemerintah yang lebih besar di masa yang akan datang.
  • PENGELUARAN YANG TIDAK PRODUKTIF. Pengeluaran yang tidak memberikan manfaat secara langsung kepada masyarakat, namun diperlukan oleh pemerinta.

5. DASAR PERHITUNGAN PERKIRAAN PENERIMAAN NEGARA 
Untuk memperoleh hasil perkiraan penerimaan Negara,ada beberapa hal pokok yang harus diperhatikan.Hal-hal tersebut adalah :
Penerimaan Dalam Negeri dari Migas, Faktor-faktor yang dipertimbangkan adalah :
  • Produksi minyak rata-rata per hari.
  • Harga rata-rata ekspor minyak mentah.
  • Penerimaan Dalam Negeri diluar Migas.
Faktor-faktor yang dipertimbangkan adalah :
  • Pajak penghasilan.
  • Pajak pertambahan nilai.
  • Bea masuk.
  • Cukai.
  • Pajak ekspor.
  • Pajak bumi dan bangunan.
  • Bea materai.
  • Pajak lainnya.
  • Penerimaan bukan pajak.
  • Penerimaan dari hasil penjualan BBM
Sumber : 
http://ichsandscofield.blogspot.com/2011/05/perkembangan-dana-pembangunan-di.html
http://desthi-m.blogspot.com/2010/01/proses-penyusunan-anggaran_01.html
http://sarahlistiarakhma.wordpress.com/2011/05/17/perkiraan-penerimaan-negara/
http://hendrikgunawan.wordpress.com/2011/05/16/dasar-perhitungan-perkiraan-penerimaan-negara/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar