Selasa, 01 November 2011

Pengantar Bisnis Minggu ke 5

            Maria Yasinta - 24211296
Noviana Chandra - 25211241
Rahimah - 28211365
Heni Sumiati - 2321131
 Suciati Andrianingsih - 28211262
1EB21




TUGAS PENGANTAR BISNIS MINGGU KE - 5

1.SEBUTKAN FUNGSI  MANAJEMEN  DAN TERAPKAN PADA DIRI ANDA DAN APA MANFAATNYA!
Fungsi manajemen yaitu :
  • Perencanaan
  • Pengorganisasian
  • Pengarahan
  • Pengkoordinasikan
  • Pengawasan

Penerapan pada pribadi dan manfaatnya:
Sebagai seorang mahasisawa saya harus memiliki fungsi manajemen untuk memanage perkuliahan saya selama saya menjadi mahasiswa. Dengan fungsi manajemen saya harus memiliki planning program apa yang akan saya ambil dan saya harus memastikan diri saya mampu untuk menempuh pendidikan tepat pada waktunya. Dan selama menjadi mahasiswa saya harus pintar-pintar mengatur waktu kuliah, mana yang lebih utama saya harus kerjakan dan mana yang lebih penting saya jalankan. Selain dari dalam diri saya, saya bekerjasama dengan kedua orang tua saya untuk membicarakan masalah biaya perkuliahan dan peran orang tua selalu ikut serta dalam pengawasan perkuliahan saya. Dengan demikian fungsi manajemen berjalan teratur dan semua perencanaan yang sudah saya susun secara awal tercapai dengan baik dan sukses.

2. APA  CIRI MANAJER  PROFESIONAL  BERDASARKAN KETRAMPILAN MANAJEMEN YG BERKAITAN:
  • DENGAN HUBUNGAN ANTAR PRIBADI
  • DENGAN INFORMASI
  • DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Hubungan antar Pribadi, Misalnya : Sebagai seorang Manajer di Perusahan F&B yang memiliki team kerja, apabila salah satu teamnya sering tidak masuk sesuai schedule atau bekerja seperti dibawah tekanan, maka sebagai manajer harus mengajak team tersebut berbicara apa masalahnya apa karyawan tersebut mempunyau kendala kerja pada schedule yang telah diberikan. Dan kewajiban seorang manajer adalah mencari solusi sehingga kerja team berjalan lancar dan solid.
Hubungan Informasi, Misalnya : Ketika Hari Raya pada saat pembagian THR dan cuti akhir tahun, sebagai manager wajib menginformasikan tentang pembagian THR dan Cuti tersebut yang telah diberikan pihak pusat, kerena itu merupakan hak dari semua karyawan yang menerimanya dan sebagai manager wajib juga untuk mempertanyakan ke pihak pusat apabila informasi atau rekap THR tersebut kurang jelas dan mengakibatkan hak karyawan tidak terpenuhi.
Pengambilan keputusan, Misalnya : Ketika seorang manajer F&B menemukan masalah tidak balancenya sales outlet tersebut dia berhak untuk mengambil tindakan untuk mengungkap kejadian tersebut melalui cctv, dan ketika cctv tersebut memperlihatkan seorang cashier yang memiliki skill yang cukup bagus diantara cashier yang lainnya dan memiliki peringkat kerja yang sangat bagus pula melakukan citting(mencuri) uang sales pada saat keadaan outlet sepi dan tidak ada leader yang mendampingi. Seorang menajer berhak untuk mengintrogasi cashier tersebut dan jika dia sudah terbukti melakukannya maka manajer harus mengambil keputusan untuk mengakhiri kontrak kerjanya meskipun cashier tersebut memiliki skill bagus dan tingkat promosi yang cukup tinggi, tetapi jikalau dia merugikan perusahaan lebih baik manajer mengorbankan orang tersebut dengan memecutnya dari pada merugikan semua teamnya terutama cashier-cashier lainnya.
3. SEBUTKAN BENTUK – BENTUK  ORGANISASI !

Berikut bentuk-bentuk organisasi :
  • Bentuk Organisasi Garis

Bentuk ini merupakan bentuk organisasi paling tua dan paling sederhana. Bentuk organisasi diciptakan oleh Henry Fayol. Biasa juga disebut dengan organisasi militer dimana cirinya adalah struktur organisasi ini relatif kecil, jumlah karyawan yang relatif sedikit, saling kenal, dan spesialisasi kerja yang belum begitu rumit dan tinggi.
  • Bentuk Organisasi Fungsional

Bentuk ini merupakan bentuk dimana sebagian atau segelintir pimpinan tidak mempunyai bawahan yang jelas karena setiap pimpinan berwenang memberikan komando pada bawahannya.
  • Bentuk Organisasi Garis dan Staff

Bentuk ini umumnya dianut oleh organisasi besar, daerah kerja yang luas, mempunyai bidang tugas yang beraneka dan rumit serta jumlah karyawan yang banyak.
  • Bentuk Organisasi Fungsional dan Staff

Bentuk ini merupakan kombinasi dari bentuk organisasi fungsional dan bentuk organisasi garis dan staff.




1 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus