Kamis, 08 Maret 2012

TOKOH EKONOMI

TOKOH EKONOMI

Tokoh-tokoh ekonomi Indonesia yang memegang peranan penting bagi perkembangan ekonomi diindonesia. Beberapa tokohnya sebagai berikut :

1.Muhammad Hatta (Bung Hatta)
Beliau merupakan yang paling berpengaruh terhadap perkembangan ekonomi negara Indonesia. Beliau mendirikan satu badan usaha yang berlandasan azas kekeluargaan dalam sitem pengelolahannya, yang biasa disebut dengan Koperasi.

Bung Hatta mendapat julukan Bapak Koperasi Indonesia, beliau memulai kiprahnya sebagai seorang ekonomi dimulai dari usianya yang masih sangat muda, 15 tahun. Ia bergabung dalam suatu organisasi Jong Sumatranen Bond sebagai seorang bendahara.

Pada tahun 1922, Bung Hatta kembali mengibarkan sayapnya di dunia perekonomian indonesia. Ia kembali bergabung pada organisasi Indische Vereeniging menjabat sebagai bendahara juga.

2.Prof.Dr.Soemitro Djojohadikoesoemo
Beliau adalah seorang pendidik dibidang Ekonomi. Pada pemerintahan Indonesia beliau pernah menjabat sebagai Mentri Keuangan, Mentri Perindustrian, dan Metri riset dan Teknologi. Pada masa pemerintahan Soeharto, ada beberapa murid beliau yang menjabat sebagai menteri, seperti Ali Wardhana, Widjojo nitisastro, dan JB Sumarlin. 

3.Syahril Sabirin
Beliau pernah menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia. Pada masa jabatannya beliau mengalami banyak permasalahan, salah satu yang terberat adalah ketika beliau dipaksa mundur dari kursi kepemimpinan BI. Seperti tokoh-tokoh Ekonomi Indonesia lainnya, Beliau juga menentang tindak Korupsi.

4.Boediono
Boediono merupaka tokoh ekonomi yang pintar mengelola Ekonomi Makro. Beliau menjabat sebagai Wakil Presiden periode 2009-2014, mendampingi Susilo Bambang Yudhoyono. sebelum menjabat sebagai Wakil Presiden, Beliau menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia dan berbagai jabatan sebagai mentri yang tentu saja berhubungan dengan dunia Perekonomi Indonesia.

Tahun 2001, Beliau menjabat sebagai Mentri Keuangan yang bisa membawa Indonesia bebas dari bantuan Dana Moneter Internasional.

5.Sri Mulyani Indrawati
Beliau sepertinya tokoh ekonomi wanita satu-satunya yang dimiliki indonesia, pemikirannya tentang ekonomi pun tidak diragukan atau tidak diremehkan lagi. Beliau mengharumkan nama Indonesia dengan terpilihnya beliau sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia sejak 2010, menurut majalah taraf internasional Beliau menjadi tokoh wanita urutan ke-23 yang paling berpengaruh di dunia.

Pemikiran para tokoh Ekonomi Indonesia, rupanya juga membawa pengaruh besar bagi dunia internasional. Sumbangan mereka terhadap Negara Indonesia tidak bisa dikatakan sedikit. Semoga saja perekonomian Indonesia akan ikut merasakan dampak positif yang dibawa oleh para tokoh-tokoh Ekonominya.


Sumber : http://www.anneahira.com/tokoh-ekonomi-indonesia.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar